Kamis, 29 Januari 2009

Manfaat Aroma Terapi


Wewangian identik dengan perempuan. Parfum tentu tidak pernah alpa digunakan dalam melakukan aktivitas. Kaum adam pun kini semakin banyak yang menggunakannya.

Berbagai wewangian dapat menjadi terapi bahkan pengobatan. Fungsi atau kegunaan dari aromaterapi dengan minyak essensial itu jika dihirup dapat menyembuhkan berbagai penyakit, meningkatkan kekebalan tubuh alami baik jasmani maupun rohani.

Aroma terapi dapat mengurangi stres, menenangkan pikiran dan membangkitkan semangat dan gairah. Bahkan ada yang dipercaya dapat membersihkan racun dalam tubuh.

Untuk menghasilkan wewangian yang bermanfaat dari aroma therapy tidak sulit. Kini banyak toko yang menjual berbagai macam minyak essensial, lilin untuk membakar dan cawan. Kemudian Anda bisa menententukan aroma apa yang cocok dengan suasana hati dan kondisi tubuh anda.

Berikut ini adalah beberapa manfaat aromaterapi :

  • Citronella untuk mengurangi ketegangan, meredakan hidung tersumbat, mengatasi insomnia, dengkur dan migrain.
  • Eucalyptus (kayu putih) berguna melegakan pernafasan, meringankan masalah hidung sensitif, bronchitis, asma, batuk, pilek, demam dan flu.
  • Lavender agar mudahkan tidur, meredakan kegelisahan, mengatasi depresi, mengurangi perasaan ketegangan.
  • Teh hijau (green tea) untuk memperbaiki sistem peredaran darah, membantu mengeluarkan dahak dan membersihkan paru-paru. Juga memperlambat proses penuaan.
  • Sandalwood (cendana) bermanfaat untuk menghilangkan rasa cemas dan aromanya sangat bermanfaat untuk meditasi.
  • Rose (bunga mawar) untuk menciptakan suasana romantis dan penuh gairah, memperbaiki metabolisme dan sistem peredaran darah, menyeimbangkan hormon, meringankan kepekaan kulit sensitif dan alergi.
  • Ylang-ylang (bunga kenanga) berguna meringankan tekanan darah tinggi, mengeluarkan sebum pada kulit. PeppermintAroma yang menyegarkan, membangkitkan suasana, mengurangi sakit perut, ketegangan, dan menyembuhkan sakit kepala.
  • Chammomile untuk menenangkan dan mengakhiri stres serta menyenyakkan tidur.
  • Dandellion untuk mengobati sakit sendi, masalah ginjal dan kantung kemih, hepatitis, penyaringan darah dan mengatasi masalah pencernaan. Juga efektif menyembuhkan sengatan lebah.
  • Thyme membantu pencegahan flu, demam, detoksifikasi racun dan mencegah infeksi, meredekan hidung tersumbat dan alergi sinus.
  • Lotus (bunga teratai) meningkatkan vitalitas, dan konsentrasi, mengurangi panas dalam, meningkatkan fungsi limpa dan ginjal.
  • Patchouli meningkatkan gairah dan semangat, meningkatkan sensualitas, memberi efek menenangkan, dan membuat tidur lebih nyenyak.
  • Basil untuk mengurangi sakit kepala dan migrain serta meningkatkan konsentrasi.
  • Green apple (apel hijau) dapat menyembuhkan mabuk dan diare, menguatkan sistem pencernaan, menjernihkan pikiran, meringankan gejala panas dalam.
  • Black Pepper (merica hitam) memiliki aroma yang tajam namun berkhasiat mengurangi rasa sakit pada otot.
  • Lemon dapat mengurangi stres dan anti depresi, meningkatkan mood dan merelakskan pikiran serta memberi perasaan segar.
  • Vanilla dengan aroma lembut dan hangat mampu menenangkan pikiran.
  • Jasmine (bunga melati) berfungsi sebagai aphrosidiac sensual untuk merangsang dan menciptakan suasana romantis.
  • Strawberry dapat meningkatkan selera makan, mengurangi penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan kanker.
Sumber ; Republika.co.id
Continue reading...

Tips Atasi Pilek Tanpa Obat


Cuaca tak menentu seperti yang terjadi akhir-akhir ini, tak jarang membuat tubuh cenderung rentan terhadap pilek. Terlebih jika Anda tengah melakukan aktivitas padat.

Berbagai faktor seperti kecapaian, virus dan stres merupakan faktor yang paling sering menimbulkan infeksi pada tenggorakan dan hidung yang berakibat munculnya gejala pilek seperti hidung mampet, tenggorakan serak dan kepala terasa pusing.

Tentu saja hal itu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama bagi Anda yang memiliki jadwal yang padat. Namun, janganlah khawatir, Anda bisa memanfaatkan beberapa hal sederhana untuk mengembalikan vitalitas tubuh. Salah satu kuncinya yaitu dengan memanfaatkan waktu libur. Menurut Penulis Buku Air Penyembuh Ajaib, Herminia De Guzman-Ladion, ketika Anda sudah terserang pilek, usahakan Anda tinggal dirumah dan beristirahat. karena bekerja ketika pilek akan mengakibatkan menambah parah derita bagi anda. Lagipula teman Anda akan lebih menghargai Anda untuk membatasi penyebaran virus.

Setelah Anda dipastikan tinggal dirumah, maka langkah selanjutnya, Anda benar-benar memanfaatkan waktu yang untuk tidur secara maksimal. Sehingga tubuh akan mendapat energi baru. Semacam penebusan atas kerja tubuh yang berlebih.

Namun perlu diingat, ketika Anda memtuskan beristirahat, jangan sentuh makanan yang mengandung gula seperti kue, es krim dan lainnya. Kandungan gula dalam darah akan menurunkan daya tahan tubuh anda terhadap infeksi. Justru anda disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan, sari buah atau jus.

Selain itu, perbanyak konsumsi air putih. Jika dalam kondisi normal Anda mengkonsumsi 6 hingga 8 gelas sehari maka ketika pilek maka sebaiknya Anda meningkatkan konsumsi air hingga 10 gelas. Air dapat menghanyutkan virus dari tubuh Anda dalam berbagai bentuk seperti keringat dan air seni.

Pilek merupakan gejala penyakit yang mempunyai tahapan yaitu tenggorokan, kepala dan dada. Namun tahapan itu tidaklah berurutan. Bisa saja Anda terkena terlebih dahulu pada bagian kepala atau tenggorokan.

Jika Anda terlebih dahulu terkena pada tenggorokan, maka Anda dapat berkumur dengan larutan garam panas untuk meringankan gejalanya. Anda hanya siapkan segela air panas (80 derajat Celsius) dan setengah sendok teh garam. Kemudian larutan garam tersebut pada air panas dan berkumurlah selama lima menit. Sesudah itu Anda disarankan jangan minum air dingin. Lakukan 3 kali sehari.

Jika Anda sudah berkumur larutan garam, kemudian Anda siapkan sapu tangan yang telah dibasahi air dingin kemudian taruh dalam kain flanel kemudian lilitkan pada leher seperti saat mengompres kepala.

Namun, jika pilek yang anda derita berawal dari sakit kepala yang tak kalah menyiksa, yang Anda perlu lakukan hanyalah merendam kaki dengan menggunakan air panas. Dengan begitu darah akan lancar ke kepala sehingga bisa menghilangkan rasa sesak.

Selain itu, cara lain yang dapat digunakan yakni menghirup uap panas. yang perlu anda siapkan antara lain, kertas koran atau karton, kemudian masaklah air dengan menggunakan panci atau teko. Kemudian dekatkan lipatan kertas yang membentuk pipa tersebut dengan panci atau teko. Dengan menghirup uap air panas, hidung yang tersumbat akan hilang. Cara itu bisa dilakukan sehabis merendam kaki.

Jika Anda kurang beruntung terkena gejala pilek pada dada disertai batuk dan demam. Maka penggunaan panas pada dada akan menolong anda. Caranya cukup mudah, lakukan seperti yang Anda lakukan pada tenggorokan.

Pertama basuh kain dengan air panas, kemudian siapkan handuk untuk menutupi dada Anda. Kemudian taruh kain yang telah dibasuh air tadi keatas dada kemudian tutup dengan handuk tersebut. Biarkan hingga panas hilang. Jika perlu lakukan hal ini tiga kali sebelum tidur. Setelah selesai, bilas dengan handuk. Kemudian disarankan untuk segera tidur.

Namun dalam sepekan Anda belum juga sembuh. Kemudian timbul gejala-gejala lain yang perlu dicurigai maka segera hubungi dokter.

Sumber ; Republika.co.id
Continue reading...

Tips Mengencangkan Pantat


Pantat yang menggelambir memang sangat mengganggu penampilan, terutama bagi kaum wanita. Gerakan-gerakan yang diperagakan dalam artikel ini dapat membentuk pantat menjadi kencang.

Perlu Kesabaran
Untuk memperindah dan mengencangkan pantat, Anda perlu berlatih secara teratur. Tentu dibutuhkan kesabaran. Perlu waktu sekitar satu bulan bila Anda mau tekun berolahraga dan menjaga agar berat badan tidak bertambah lagi.

Latihan olahraga yang dianjurkan adalah latihan olahraga kardio (aerobik), misalnya jalan, joging, jalan dan joging di treadmil, bersepeda, dan sepeda stasioner. Lakukan salah satu latihan kardio secara teratur, 3-4 kali dalam seminggu dan cukup takarannya (paling sedikit 30-45 menit sekali berlatih).

Selain itu, agar otot-otot pantat menjadi kencang, lakukan latihan beban seperti gambar di bawah ini. Lakukan latihan ini 3 kali per minggu selama 30-45 menit. Gerakan dapat berganti-ganti, supaya ada variasi dalam latihan. Setiap kali latihan, lakukan 4-5 gerakan.

Gerakan 1
Gerakan awal

1. Berdirilah dengan memegang barbel atau dua dumbel pada punggung bagian atas. Kedua kaki terbuka selebar bahu. Kedua lutut sedikit dibengkokkan, lalu turunkan badan bagian atas sampai hampir sejajar dengan lantai.

2. Berhenti sebentar, naikkan badan kembali ke posisi awal. Lakukan gerakan ini sebanyak delapan kali.

Gerakan 2
Squat membawa beban

1. Berdirilah tegak dengan membawa barbel atau dua buah dumbel pada punggung bagian atas. Kedua kaki terbuka selebar bahu. Usahakan agar punggung lurus dan kepala tegak.

2. Lakukan gerakan squat sampai paha hampir sejajar dengan lantai. Istirahat sebentar, kemudian kembali ke posisi awal. Lakukan gerakan ini sebanyak delapan kali.


Gerakan 3
Melangkah dengan beban


1. Berdirilah tegak dengan membawa beban barbel atau dua buah dumber pada punggung atas dengan kedua kaki terbuka selebar bahu.

2. Usahakan agar punggung tetap lurus dan kepala tegak. Melangkahlah ke depan dengan kaki kanan. Turunkan badan sampai paha hampir sejajar dengan lantai. Berhenti sebentar, kemudian kembali ke posisi awal. Gerakan berikutnya, melangkah dengan kaki kiri. Lakukan gerakan ini sebanyak delapan kali pada setiap kaki.

Gerakan 4
Mengangkat kaki ke samping

1. Bertumpu pada kedua tangan dan kedua kaki, punggung lurus dan kepala sejajar lantai.

2. Angkat ke atas kaki kiri yang dibengkokkan ke samping. Berheritilah sebentar, lalu turunkan dan kemudian gerakkan dengan kaki kanan. Lakukan ulangan gerakan ini sebanyak delapan kali pada setiap kaki.

Gerakan 5 Rentangkan kaki ke belakang

1. Bertumpulah pada kedua lutut dan kedua tangan. Punggung dalam posisi lurus dan kepala sejajar dengan lantai.

2. Naikkan dan rentangkan kaki kanan ke belakarrg. Berhentilah sejenak, kemudian kembafi ke posisi awal. Kemudian, naikkan dan rentangkan kaki kiri ke belakang. Lakukan delapan kali gerakan untuk setiap kaki.

Gerakan 6
Mengangkat pinggul

1. Tidurlah telentang dengan kedua kaki dibengkokkan. Telapak kaki terletak datar di lantai dan kedua lengan berada di samping badan. Telapak tangan menghadap ke bawah.

2. Naikkan pinggul sampai badan bagian atas sebaris dengan paha. Berhenti sejenak, gerakkan pantat untuk turun ke posisi awal. Lakukan gerakan ini delapan kali ulangan.

Gerakan 7
Rentangkan kaki ke belakang

1. Berdirilah menghadap dinding atau tiang.

2. Gerakkan kaki kanan ke belakang, gerakkan juga pantat Anda. Berhenti sejenak, kemudian kembali ke posisi awal dan lakukan gerakan ini dengan kaki kiri. Lakukan gerakan ini dengan masing-masing kaki sebanyak delapan kali.

Selamat Mencoba !

Sumber ; CBN.net.id
Continue reading...

Selasa, 27 Januari 2009

Cantik Dengan Totok Wajah


Banyak cara untuk menjadi cantik. Pada sebagian orang cukup mengandalkan sapuan kosmetik saja sudah terlihat cantik. Namun, banyak juga yang menggunakan obat-obatan modern dari dokter, bahkan tak sedikit yang menempuh operasi plastik. Bila cara itu tak juga memuaskan, ada satu pilihan yang saat ini tengah trend di kalangan pemburu kecantikan yaitu totok wajah.

Totok wajah sebenarnya sebagian kecil dari terapi totok darah yang telah dipraktekkan di Cina sejak beberapa abad lalu. Totok darah dilakukan dengan cara melakukan pijatan tertentu di sekujur tubuh sehingga mengaktifkan aliran peredaran darah.

Seiring berjalannya waktu, teknik totok darah tidak hanya dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh saja, tetapi terus dikembangkan sehingga kini bisa dimanfaatkan untuk kecantikan yang difokuskan pada wajah.

Totok wajah sendiri dilakukan dengan cara memberikan pijatan dengan teknik khusus di sekujur wajah dengan mengaktifkan titik-titik aura wajah. Tekanan itu membuat aliran darah di wajah menjadi lebih lancar sehingga wajah terlihat segar dan halus.

Totok wajah pada dasarnya memiliki beberapa manfaat, diantaranya mengencangkan wajah dan memperlancar peredaran darah. Selain itu, totok wajah juga dapat membuat wajah awet muda dan bersinar. Totok wajah bisa menghilangkan, atau setidaknya menipiskan noda hitam di wajah dan memperkecil pori-pori sehingga wajah terlihat lebih bersih dan halus.

Proses kerja totok wajah, pertama wajah akan dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran dengan menggunakan bahan pembersih wajah. Setelah itu, wajah dipijit secara perlahan sehingga terasa sangat nyaman.

TIPS TOTOK
- Totok sebaiknya dilakukan untuk usia minimum 17 tahun.
- Jangan lakukan jika wajah berjerawat.
- Setelah totok, tunggu selama tujuh hari, baru Anda bisa totok lagi.
- Mintalah ahli yang sudah berpengalaman untuk melakukan totok pada wajah Anda.


Manfaat Totok Wajah:

Untuk Kecantikan:
  • Melancarkan peredaran darah pada wajah
  • Mengurangi tampilan flek-flek dan mencegah maupun mengobati jerawat
  • Mengencangkan kulit wajah
  • Mencegah timbulnya kerutan-kerutan penyebab penuaan dini, maupun mengurangi timbulnya kerutan
  • Membuat wajah segar dan tampak lebih muda
Untuk Kesehatan :
  • Membantu Anda untuk mengendalikan nafsu makan
  • Meringankan pilek dan sinusitis
  • Meredakan sakit kepala maupun migren
  • Meredakan pegal pada daerah mata termasuk mengurangi minus mata.
Hasil optimal dari totok wajah baru akan terlihat setelah menjalani terapi itu secara rutin, minimal 5 kali.

Berbagai Sumber

Continue reading...

Tips Menyiasati Dampak Kafein Dari Teh


Zat-zat stimulan yang terkadung dalam kafein seperti kafein teh (theine) sangat tinggi kadarnya sehingga dapat menghambat rantai produksi enzim-enzim dalam pencernaan.

Dosis untuk tubuh kita dalam menyerap kafein/hari adalah 300 mg, yaitu satu cangkir teh kira-kira 200cc.

Batas aman untuk sehari mengkonsumsi teh adalah 5 cangkir. Jika lebih dari 750 mg akan menyebabkan gangguan pada proses regenerasi sel.

Untuk itu, agar anda tidak berlebihan kafein ada beberapa cara untuk menyiasatinya. Berikut tipsnya:


1. Jangan pernah anda meminum teh pada saat makan atau sesudah makan. Karena zat gizi yang masuk kedalam tubuh akan dicuri oleh zat-zat stimulan teh.

2. Jangan meminum teh saat perut anda kosong. Usahakan isi dahulu perut anda dengan makanan atau buah-buahan sebelum meminum teh. Karena kafein akan merangsang produksi asam lambung sehingga membuat perut anda sakit.

3. Sebaiknya jangan menggabungkan sayuran yang banyak mengandung mineral dengan meminum teh.

4. Untuk wanita hamil sebaiknya hindari meminum teh. Karena kafein dan zat stimulan bisa merangsang kontraksi rahim dan mengganggu produksi kelenjar ASI. Selain itu dapat mengganggu pertumbuhan saraf otak pada bayi.

Sumber ; Rileks.Com
Continue reading...

Kebiasaan Buruk Yang Merusak Penampilan


Penting, namun seringkali kita malas melakukannya. Berikut hal-hal sederhana yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan dan kecantikan.

1. Olahraga dengan make up lengkap
Memang sih, gym merupakan salah satu tempat berkumpulnya para pria, terutama sepulang kantor atau akhir pekan. Tapi, bukan berarti Anda harus tampil dengan riasan lengkap saat membakar kalori di sana. Pasalnya, make up yang Anda pakai akan menyumbat pori-pori dan membuat keringat tidak bisa keluar. Sayang, kan, kalau nantinya wajah Anda malah dihiasi komedo dan jerawat.

2. Malas bersihkan wajah
Bersihkan wajah Anda dari sisa-sisa kosmetik sebelum tidur. Untuk menjaga kelembabannya gunakan krim malam yang sesuai dengan jenis kulit untuk merawat kekenyalan kulit. Hindari pula menggunakan terlalu lama memakai baju yang basah oleh keringat agar terhidar dari jerawat di punggung atau leher.

3. Memakai hairdryer setiap hari
Anda mungkin tak akan melihat dampak langsung dari penggunaan hair dryer setiap hari. Namun, setiap kali Anda mengeringkan rambut dengan alat ini, sebenarnya Anda sedang merusak rambut Anda. Lambat laun rambut
pun akan terlihat kusam dan mudah rontok.

4. Malas pakai pelembab
Pagi hari memang waktu tersibuk sepanjang hari. Tapi,
jangan pernah melewatkan penggunaan moisturizer. Terutama untuk Anda yang setiap harinya bekerja di ruangan yang ber-AC.

5. Malas sikat gigi

Bila memiliki gigi yang putih, sehat, dan kuat, tak cukup membuat Anda lebih giat menyikat gigi, maka simaklah studi terbaru mengenai hubungan antara gigi dan penyakit jantung. Para ahli menyatakan, bakteri penyebab plak pada gigi adalah bakteri yang sama, yang menyebabkan plak pada jantung dan memicu serangan jantung.

6. Tak bisa lepas dari high heels
Bentuk dan hak sepatu yang salah bisa membuat kita menderita sakit punggung, kaki bengkak dan pegal. Idealnya, berat badan kita bisa dibagi rata pada permukaan telapak kaki. Karena itulah batasi penggunaan sepatu berhak tinggi. Pastikan pula ukuran sepatu atau kaus kaki Anda tidak terlalu pas atau terlalu kecil.

7. Obsesi kulit putih
Cermati kandungan produk pemutih yang akan digunakan karena kini banyak produk pemutih yang tidak terdaftar resmi dan mengandung merkuri atau hidroquinone. Produk pemutih seperti ini memang bisa memberikan hasil instan tetapi pemakaian jangka panjang bisa menyebabkan endapan merkuri pada kulit yang bisa memicu timbulnya kanker.

8. Kurang menjaga kebersihan daerah intim
Kurang menjaga kebersihan daerah intim bisa memicu timbulnya jerawat. Jerawat di daerah selangkangan biasanya terjadi karena sumbatan kelenjar lemak di bawah kulit. Ini bisa terjadi bila Anda kurang menjaga kebersihan di daerah tersebut atau juga karena terjadi infeksi.

Untuk mencegah jerawat ini tidak sering muncul tentu dengan menjaga kebersihan dan kesehatan area tersebut. Gunakan sabun pembersih khusus daerah intim perempuan. Namun, jika belum sembuh juga, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan.

Sumber ; Kompas.Com
Continue reading...

Tips Tuntaskan Noda Jerawat Dengan Bahan Alami


Jerawat yang tak kunjung hilang bisa membuat kepercayaan diri kita menurun, apalagi kalau sampai meninggalkan bekas yang menodai wajah.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi jerawat dan menghilangkan bekas jerawat tanpa menggunakan obat-obatan. Cukup menggunakan bahan-bahan alami yang sebagian besar mungkin ada di rumah Anda.

- Es Batu: Usapkan es ke permukaan wajah untuk merapatkan pori-pori sehingga pertikel-partikel luar penyebab jerawat tidak masuk ke dalam kulit.

- Irisan Tomat: Mengusapkan irisan tomat pada luka bekas jerawat terbukti dapat menghilangkan noda yang mengganggu.

- Jus Ketimun: Jus ketimun merupakan toner kulit alami yang bisa memperbaiki tekstur kulit. Ketimun dapat mengurangi peradangan, menghaluskan kulit dan menyembuhkan luka yang disebabkan jerawat.

- Putih Telur: Putih telur mudah sekali diperoleh dan cukup efektif untuk mengatasi jerawat. Oleskan putih telur pada jerawat dan biarkan semalaman agar jerawat anda membaik.

- Kunyit: Di belahan dunia timur kunyit telah beribu-ribu tahun dikenal sebagai produk kecantikan. Salah satu khasiatnya adalah mengurangi luka bekas jerawat..

- Lidah Buaya: Lidah buaya merupakan penyembuh yang mujarab, termasuk untuk menghilangkan bekas jerawat. Caranya tinggal oleskan lender bagian dalam lidah buaya ke kulit secara teratur.

- Air Lemon: Oleskan air perasan jeruk lemon pada noda jerawat dan biarkan beberapa saat sebelum membasuhnya dengan air. Lemon memiliki kandungan yang bisa mencerahkan warna kulit. Lemon juga bisa membuang sel kulit mati serta membuat kulit lebih elastis.

- Minyak Zaitun: Selain membuat masakan lezat, minyak zaitun juga bisa menghilangkan noda jerawat. Pijat dengan lembut wajah Anda dengan minyak jerawat terutama di bagian yang terdapat noda jerawat.

- Madu: Madu adalah pelembab alami. Masker madu juga telah lama diyakini bisa membuat kulit wajah tampak lebih cerah dan bersinar.

- Air: Bisa dibilang air adalah metode perawatan wajah yang paling baik yang bisa kita peroleh dari alam. Minum air yang cukup untuk membuang racun-racun dari dalam tubuh. Air juga bisa membantu meluruhkan sel-sel kulit mati.

- Buah dan Sayuran: Perbanyak konsumsi buah dan sayuran untuk membuat kulit lebih sehat.

Sumber ; SendokGarpu.Com


Continue reading...

Minggu, 25 Januari 2009

Tips Hilangkan Stress Dengan Yoga


Gaya hidup modern, kebiasaan, dan tekanan hidup sering menjadikan kita lupa akan pentingnya kesehatan. Padahal kesehatan adalah salah satu asset utama kita menjalani hidup ini.

Sekali kesehatan Anda terganggu, tidak hanya ribuan tapi sampai jutaan rupiah Anda keluarkan untuk bisa memulihkannya. Kebiasaan bergantung pada obat-obatan kimiawi dan peralatan modern untuk memelihara kesehatan tidak selalu baik selain adanya efek residu juga mahalnya biaya yang harus Anda tanggung.

Alam dan kebiasaan yang baik dan sehat adalah solusi murah dan mudah untuk menjaga kesehatan Anda

Yoga Untuk Therapi Kesehatan Tubuh, Jiwa dan Pikiran

Latihan yoga, yang telah diwariskan ribuan tahun yang lalu, telah melalui berbagai penyelidikan ilmiah dan dikembangkan secara ilmiah pula terbukti sangat ampuh sebagai terapi yang mengagumkan. Banyak penyakit yang dapat disembuhkan, dimana ilmu pengobatan barat gagal mengatasinya. Yoga yang efektif membuahkan hasil yang baik.

Berbagai macam keluhan penyakit bisa Anda atasi sendiri dengan latihan yoga yang rutin. Tanpa harus keluar biaya yang sangat besar. Karena sekali lagi, alam dan kebiasaan yang baik akan sangat bermanfaat bagi pemeliharaan kesehatan Anda.

Tips Untuk Latihan Yoga

- Waktu terbaik dalam latihan yoga adalah fajar atau larut malam.

- Selalu melakukan latihan dalam keadaan perut kosong. Puasa makan 3-4 jam sebelum latihan.

- Idealnya yoga dilakukan di tempat yang bersih dengan sirkulasi udara yang baik.

- Bebas dari segala suasana berisik dan gangguan.

- Pakaian nyaman dan santai akan membantu kulit bernapas, dan tidak mengganggu gerakan.

- Bertelanjang kaki.

- Minum putih yang cukup, minimal 1-2 gelas sehari selama latihan.

- Jadikan ini kebiasaan.

Yoga Efektif Hilangkan Stress

Manfaat yoga dalam kesehatan fisik dan psikis diakui betul oleh Anang Soesilo (50). Presiden Komisaris dari sebuah perusahaan swasta ini mengaku sudah berlatih yoga selama enam tahun. Awalnya, Anang mendapat rekomendasi dari seorang teman yang mengetahui berbagai keluhan kesehatannya. “Dulu saya sering menderita insomnia, sakit punggung dan juga jantung berdebar. Kala diperiksa ke dokter, tak terdeteksi apa-apa. Akhirnya, saya ikut yoga atas rekomendasi seorang teman,” tuturnya.

Waktu itu, ia mengikuti kursus yoga intensif selama enam hari di sebuah studio. Sayangnya, sesudah kursus selesai, ia pun merasa malas untuk menekuni yoga sendiri. Tak lama, ia mendengar tentang kursus yoga di JNICC. Kini, sudah lima tahun ia berlatih di situ, bersama beberapa rekan yang juga sudah bertahun-tahun berlatih di tempat itu.

“Sekarang, kalau tiba-tiba terbangun di malam hari dan tidak bisa tidur, saya tinggal berlatih yoga dan meditasi pernafasan. Lama kelamaan rasa kantuk akan datang dan saya pasti tertidur. Esok harinya tubuh pun segar karena tidak kekurangan tidur. Stress, jantung berdebar dan sakit punggung juga sudah jarang kambuh lagi,” ungkapnya.

Kebiasaannya berlatih yoga kini ditularkannya kepada sang istri serta teman-temannya. Bahkan, ia bercerita, seorang temannya yang menderita stres berat langsung sembuh setelah berlatih yoga selama beberapa saat.

“Daripada ke dokter terus dan ketergantungan, lebih baik latihan yoga. Bagi saya, yoga itu adalah tindakan preventif atau pencegahan. Kalau sering latihan yoga, tubuh jadi lebih sehat. Nah, kalau tidak sakit, kan tidak usah ke dokter,” tambahnya.

Sumber : yuxie.wordpress.com

Continue reading...

Kamis, 22 Januari 2009

Tips Rambut Tetap Sehat Sehabis Smoothing


Proses smoothing mirip rebounding. Bedanya, smoothing menggunakan bahan-bahan terpilih yang tidak membuat rambut menjadi lurus kaku. Namun, meskipun halus dan lurus, rambut dapat di-blow mengembang, sehingga tidak terlihat lepek. Rambut di-smoothing menjadi bermasalah jika Anda malas merawatnya. Rambut menjadi rusak, kering dan ujung rambut menjadi kasar. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan ekstra perawatan, agar rambut tetap menarik.

Smoothing, alias pelurusan rambut, membuat rambut bandel Anda menjadi halus, lembut dan lurus secara natural. Nah, agar hasilnya awet bagus, lakukan perawatan ekstra seperti berikut ini :

  • Jangan keramas hingga tiga hari usai smoothing. Sebab obat yang masih bekerja pada rambut akan hilang.
  • Setelah tiga hari, lakukan hair mask, atau masker rambut untuk memberi vitamin pada rambut yang sudah terkena zat kimia.

  • Anda sudah dapat keramas dua kali seminggu setelah melakukan hair mask. Gunakan kondisioner sehabis keramas, khususnya di bagian ujung rambut yang gampang mengering (akibat turunnya obat dari pangkal rambut ke ujung rambut).
  • Trim rambut Anda sebulan sekali agar terbebas dari ujung-ujung rambut yang mulai kasar.
  • Sisirlah rambut Anda dengan sisir bergigi jarang agar tidak mudah rontok.
  • Pakailah anti-frizz spray atau anti-frizz oil untuk melembapkan seluruh rambut dan mencegah rambut kusut.
  • Jika Anda ingin menggunakan catok rambut agar rambut lebih lurus, pakailah hair moisturizer atau produk yang dapat melembabkan rambut, supaya tidak kering terkena panas. Sebaiknya tidak usah terlalu sering menggunakan catok rambut, karena dapat menghilangkan kelembapannya.
  • Jangan mengikat rambut, atau menjepitnya, karena akan meninggalkan bekas bergelombang yang susah untuk lurus kembali.
  • Seminggu sekali rawat rambut Anda dengan hair mask agar rambut tetap sehat. Hair mask bisa dilakukan di salon atau di rumah (Anda dapat membeli produk hair mask tersebut di supermarket atau toko-toko kosmetik).
  • Jangan mengecat rambut jika baru di-smoothing. Tunggu sampai 3 bulan sampai rambut Anda siap terkena bahan-bahan kimia lagi.

Sumber : Dunia-Wanita.com
Continue reading...

Rambut Dicatok? Bukan Masalah


Masih bergantung pada alat pelurus rambut ?

Sekali Anda merasakan betapa lurus dan lembutnya rambut yang dihasilkan oleh alat pelurus rambut, maka semakin sulit menjauhkan alat catok tersebut pada rambut Anda.

Padahal terbuat dari jenis apapun alat pelurus rambut Anda, entah itu dari bahan keramik ataupun logam tetap saja dapat merusak keindahan rambut bila penggunaannya tidak tepat dan terlalu sering.

Panas yang dihantarkan alat pelurus tersebut bisa menyebabkan rambut kering dan akhirnya mengalami kerusakan.

Tips berikut mungkin dapat membantu, agar alat pelurus rambut Anda bisa bekerja maksimal tanpa menimbulkan kerusakan pada rambut :

* Selalu bersihkan alat pelurus rambut Anda sehabis digunakan. Selain membuat alat tersebut lebih awet dan tahan lama, juga dapat mengurangi kerusakan pada rambut.

* Berlatihlah menggunakan alat pelurus rambut tersebut sebelum Anda berencana menghadiri suatu acara dengan menampilkan keindahan rambut lurus.

Selain Anda bisa memprediksi waktu yang digunakan untuk mencatok, juga untuk mencegah terjadinya kegagalan saat melakukan proses pelurusan. Penggunaan alat catok akan lebih mudah bila Anda sudah terbiasa melakukannya.

* Bagi rambut Anda menjadi beberapa bagian. Ambil sedikit rambut dari bagian tersebut dengan menggunakan sisir lalu jepit dengan alat pelurus rambut. Semakin sedikit bagian rambut yang akan dicatok maka akan semakin lurus dan lembut hasilnya.

* Tekan dan tahan rambut Anda dengan alat pelurus. Lalu tarik secara perlahan-lahan mulai dari pangkal hingga ujung rambut.

Usahakan jangan berhenti di tengah rambut karena bisa membuat rambut Anda terkesan patah dan tampak tidak alami.

* Setelah selesai, gunakan sikat bulu khusus untuk menyisir dan merapikan rambut sesuai bentuk yang Anda inginkan.

* Aplikasikan sedikit serum rambut, agar penampilan rambut Anda terlihat lebih halus, lembut dan bercahaya.

* Biarkan alat pelurus rambut hingga dingin. Lalu bersihkan permukaannya dengan menggunakan kain lap bersih dan simpan kembali di tempatnya.

Sumber ; Rileks.Com
Continue reading...

Rabu, 07 Januari 2009

Kurangi Amarah Demi Jantung Anda


Seseorang menyalip antrian anda di loket bioskop. Apa yang terjadi selanjutnya? Apakah anda akan marah, atau diam saja?

Percaya atau tidak, reaksi anda terhadap situasi tersebut akan membuat perbedaan pada jantung anda, karena amarah adalah ancaman bagi jantung.

"Sudah jelas bahwa orang-orang yang mudah marah adalah orang-orang yang memiliki resiko terkena serangan jantung lebih tinggi," ujar Redforf Williams, direktur Behavioral Medicine Research Center, Duke University School of Medicine, Durham, Carolina Utara.

Banyak studi yang menunjukkan keterkaitan antara amarah dan kesehatan jantung. Penelitian baru-baru ini yang ditampilkan di Journal of the American Heart association semakin memperkuat keterkaitan tersebut. Menurut jurnal tersebut, orang yang amarahnya meledak-ledak akan menyebabkan detak jantungnya tidak teratur (atau biasa disebut atrial fibrillation – AF). AF akan meningkatkan resiko penggumpalan darah menuju otak, sehingga berakhir dengan stroke.

Studi serupa juga dilakukan di Johns Hopkins School of Medicine terhadap 1300 pria berusia menjelang 40 tahun. Pria-pria yang mudah marah akibat stress beresiko terserang penyakit jantung tiga kali lebih besar.


Anda dapat berubah


Williams mengatakan, "Jika saya berada di belakang mobil orang yang menyetir sangat lambat, dan akhirnya saya baru tiba di rumah 15 menit lebih lambat, apakah itu masalah besar? Anda tidak bisa merubah situasi. Yang harus anda rubah adalah bagaimana reaksi anda terhadap situasi yang dapat memicu amarah tersebut."


Menurut Williams ada empat pertanyaan yang perlu anda tanyakan pada diri anda:

• Apakah masalah ini begitu penting bagi saya?
• Apakah apa yang saya pikir dan rasakan layak dalam situasi
seperti ini?
• Apakah situasi ini dapat di"modifikasi" sehingga akan mengurangi pikiran negative saya?

• Apakah dengan marah saya bisa menyelesaikan masalah?


"Keempat pertanyaan tersebut akan membantu anda mengelola amarah. Kalau anda menjawab ya untuk pertanyaan pertama, lanjutkan ke pertanyaan kedua. " jelas Williams.


Dengan kata lain, gunakan taktik dan berusahalah lebih peka terhadap sekitar.


Lima teknik


Inilah beberapa teknik menangani amarah:

• Olahraga, merupakan "obat" mood alami yang cukup mujarab sekaligus pereda stress.
• Hitung sampai sepuluh dan bernafas secara perlahan. Menghirup nafas dalam-dalam dapat menurunkan detak jantung dan tekanan darah.
• Luapkan emosi anda di secarik kertas, lalu buang kertas tersebut jauh-jauh.

• Hindari penggunaan kalimat yang diawali dengan "Kamu". Hal tersebut bersifat defensif dan bisa memperparah situasi. Lebih baik gunakan "Menurut saya" atau "Saya merasa".

• Menangislah. Atau tertawa..


Sumber ; SendokGarpu.Com
Continue reading...

Tips Menangkal Penyakit Selama Musim Hujan


SUDAH siapkah Anda menghadapi musim hujan tahun ini? Seperti apa persiapan dan antisipasi Anda menghadapi musim hujan? Ingat, musim hujan tidak hanya identik dengan bencana banjir, tapi juga penyakit. Ada beberapa penyakit yang sering muncul selama musim ini, antara lain sinusitis, flu, demam berdarah, dan diare. Berikut ini ada beberapa tips untuk menghindari penyakit yang kerap menghantui Anda selama musim hujan :


Cegah Sinusitis

- Rajin-rajin cuci tangan. Tindakan sederhana ini terbukti efektif untuk mengurangi risiko tertular penyakit saluran pernapasan. Sedapat mungkin hindari kontak dengan mereka yang sedang terkena batuk pilek.

- Bila Anda menggunakan AC, sering-seringlah membersihkan penyaringnya agar debu, jamur, dan berbagai hal yang mungkin dapat mencetuskan alergi dapat dikurangi. Demikian juga dengan karpet dan sofa.

- Mengonsumsi makanan dan minuman hangat, terutama menu empat sehat lima sempurna.

- Hindari rokok dan usahakan menghirup udara pagi sambil berolahraga.

- Kenakan jas hujan atau payung ketika hujan. Gunakan penutup hidung bila berada di daerah rawan polusi.

Cegah Flu

- Beristirahat cukup. Istirahat yang cukup akan memperkuat daya tahan tubuh.

- Mencuci tangan. Mencuci tangan sangat penting untuk menghindari penularan. Sebagian virus flu menyebar lewat kontak langsung. Jadi, cuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan, kalau bisa, dengan air hangat.

- Hindari kontak dengan penderita. Virus flu tersebar juga melalui udara dan air liur. Oleh karena itu, hindari pertemuan jarak dekat dengan penderita flu.

- Makan-makanan dengan gizi seimbang. Konsumsi makanan yang mengandung phytochemical. Phytochemical adalah bahan kimia alami yang ada pada tumbuhan yang memberi vitamin pada makanan. Zat jenis ini terdapat pada buah dan sayuran segar berwarna hijau, merah dan kuning gelap.

- Berolahraga secara teratur. Sempatkan diri untuk berolahraga. Tak perlu olahraga berat. Yang penting dapat dilakkukan secara teratur, seperti jogging ataupun senam ringan.

- Jangan merokok. Perokok berat lebih rentan terserang flu. Asap rokok dapat menyebabkan bagian sistem pernapasan kering, sehingga lebih mudah terserang virus.

- Minum banyak air. Air berfungsi mengangkat racun-racun yang ada dalam tubuh. Orang dewasa butuh delapan gelas air dalam sehari.


Cegah demam berdarah

- Bak atau tempat penampungan air harus ditutup untuk mencegah nyamuk bertelur di tempat itu dan dikuras paling tidak dua kali seminggu, supaya telur-telur nyamuk tidak menetas menjadi jentik.

- Usir nyamuk dengan obat nyamuk sebelum tidur, atau Anda bisa menggunakan obat nyamuk gosok.

- Jaga kerapian. Jangan menggantung baju. Lebih baik lipat saja, sebab pakaian yang tergantung bisa menjadi tempat persembunyian nyamuk aedes aegypti. Bersihkan setiap hari meja dan laci yang ada di kamar Anda. Buanglah kertas-kertas yang tak terpakai sebab laci meja yang kotor dan tak terurus juga bisa menjadi sarang nyamuk.

- Abatisasi. Abatisasi adalah menaburkan bubuk abate pada tempat-tempat penampungan air. Abatisasi bisa diulang setiap 2-3 bulan sekali. Abate tidak berbahaya bagi manusia. Abatisasi hanya pada tempat-tempat air tergenang, seperti bak mandi, jambangan bunga dan selokan kecil. Jangan taburkan abate ke air yang mengalir. Abate juga baik ditaburkan ke tempat-tempat air yang sulit dikuras atau dibersihkan.


Cegah Diare

- Biasakan diri untuk menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dan kaki setelah bepergian.

- Kenakan alas kaki untuk mencegah penyebaran dan masuknya kotoran atau parasit lewat kulit.

- Jangan membeli makanan di sembarang tempat.

- Bersihkan selokan, terutama yang tersumbat, buang sampah pada tempatnya.

- Perbanyak minum vitamin dan asupan nutrisi untuk menjaga kondisi tubuh.

- Sediakan selalu oralit di rumah.

Sumber ; OkeZone.Com
Continue reading...

Selasa, 06 Januari 2009

Tips Bersihkan Noda Kopi di Karpet


Kopi memang nikmat. Apalagi jika diminum dengan santai di ruang keluarga yang nyaman. Namun bagaimana jika kopi itu tumpah dan mengotori karpet di ruangan Anda? Tenang, ada cara mudah untuk membersihkannya. Ini dia!

1. Ambil spons bersih lalu tempelkan ke bagian karpet yang terkena noda agar bekas kopi terserap ke dalam spons.

2. Ambil sedikit deterjen lalu bubuhkan ke sisa noda di karpet lalu gosok dengan sikat gigi. Usahakan gosok sebersih mungkin.

3. Ambil spons bersih lalu hisap kembali air bekas deterjen yang ada di karpet.

4. Untuk membersihkan sisa kopi dengan tuntas, gunakan cuka. Bubuhkan cuka sebanyak satu sendok teh ke noda kopi. Gosok dengan lap

basah, dan lakukan sampai noda tak lagi berbekas.

5. Terakhir bersihkan dengan air bersih.

Selamat Mencoba.

Sumber ; DetikHot.Com
Continue reading...

Tips Hindari Santap Fast Food


Fast food, seperti burger, kentang atau pizza, jadi sesuatu yang sangat menggiurkan di kala lapar atau saat buka puasa. Namun makanan jenis itu bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Bagaimanakah cara menghindarinya? Ini dia tipsnya:

1. Apabila Anda yakin akan menghabiskan waktu seharian di luar rumah, makanlah dulu sebelum meninggalkan rumah. Dengan begitu Anda tidak akan merasa lapar dan tergoda apabila melewati tempat-tempat yang menjual fast food.


2. Berpikirlah suatu yang jelek. Hubungkan fast food tersebut dengan sesuatu yang negatif. Misalnya pikirkan tentang banyaknya kandungan minyak yang dipakai untuk memasak dan ditempatkan secara tidak rapi di dekat makanan itu. Mungkin dengan begitu Anda akan merasa tidak selera untuk menyantapnya.

3. Teguhkanlah kembali hati Anda. Teruslah berjanji dalam hati untuk tidak menyantapnya. Percayalah pada diri Anda bahwa hadiah dari suatu perjuangan akan berguna di kemudian hari. Misalnya dengan stop makan fast food, Anda yang memiliki berat badan berlebih, akan jadi lebih langsing.

4. Perbanyaklah makanan ringan dengan kandungan yang menyehatkan. Apabila Anda telah memiliki makanan ringan yang menunggu di rumah, maka akan mudah untuk tidak datang ke area makan fast food tersebut. Pastikan bahwa makanan ringan yang Anda miliki cukup menggoda.

5.Hadiahilah diri Anda sendiri. Hal ini tidak akan merugikan, misalnya mentraktir diri sendiri untuk menonton film atau memakan sebatang cokelat. Hadiah tersebut pantas untuk didapatkan apabila Anda berhasil melawan godaan untuk tidak memakan fast food.

6. Isilah waktu. Apabila Anda membiarkan pikiran fokus pada hal lain, maka Anda tidak akan berpikir untuk beralih memikirkan hal lainnya, seperti menyambangi restoran fast food.

7. Biarkan orang lain menyetir mobil Anda. Apabila orang lain yang menyetir, mereka merasa tidak perlu untuk menepi untuk membeli makanan cepat saji tersebut.

8. Sediakan makanan ringan dekat dengan Anda sehingga apabila seseorang mengajak makan di restoran cepat saji, maka Anda sudah menyiapkan sesuatu yang lebih menyehatkan.

9. Pasanglah target. Apabila Anda memilih untuk tidak makan di restoran fast food untuk beberapa hari, maka lama kelamaan Anda akan kehilangan selera untuk datang kembali.

10. Bereksperimenlah dengan masakan dan belajarlah untuk memasak. Hal ini akan membuat Anda berhenti untuk menyantap makanan di luar rumah sekaligus menambah pelajaran baru. Selamat mencoba!


Sumber ; DetikHot.Com
Continue reading...

Makanan yang Membantu Tidur Anda


Banyak sekali orang yang mengalami kesulitan untuk tidur. Gangguan tidur ada beragam mulai dari yang ringan sampai insomnia, dan makanan-makanan berikut ini mungkin bisa membuat tidur anda lebih lelap.


Sudah menjadi rahasia umum apabila segelas susu hangat bisa membantu anda tertidur. Ada penjelasan ilmiah akan hal tersebut, produk susu apapun merupakan sumber yang baik dari tryptophan, yang akan berubah menjadi serotonin setelah berada di dalam tubuh dan membuat anda mudah tidur. Susu juga kaya akan kalsium, yang berguna untuk menenangkan tubuh dan membuat anda lebih rileks. Selain susu, makanan lain yang baik untuk membantu tidur adalah keju, ikan salmon, brokoli dan tahu, serta semua makanan dan minuman yang kaya kalsium.

Makanan yang kaya akan magnesium juga bisa membantu tidur anda. berbagai jenis kacang-kacangan sarat akan magnesium, begitu pula sayur bayam. Beberapa pakar kesehatan merekomendasikan penggabungan antara makanan yang kaya akan magnesium dan kalsium untuk membuat tubuh lebih tenang dan rileks, contohnya dengan mengkonsumsi segelas susu hangat dan segenggam kacang almond sebelum tidur.


Seduhan daun teh atau bunga chamomile bisa membantu tubuh anda lebih rileks dan santai, seperti juga beberapa rempah-rempah seperti basil, dill dan sage.

Daging ikan tuna dan kalkun juga mengandung tryptophan. Putih telur adalah contoh sehat dari makanan untuk mengatasi gangguan tidur. Semangkuk sereal gandum dengan susu merupakan pilihan ideal untuk cemilan sebagai tidur, lagi-lagi karena kandungan tryptophan di dalamnya.

Bagi mereka yang menderita insomnia, para dokter biasanya akan membuat daftar makanan apa saja yang harus dikonsumsi dan dihindari. Maka dari itu, jadikanlah obat-obatan penolong tidur sebagai pilihan terakhir anda.

Sumber ; SendokGarpu.Com
Continue reading...

Senin, 05 Januari 2009

Tips Menghilangkan Keriput Dengan Bahan Alami


Meski saat ini sudah banyak krim yang menyatakan mampu 'menghilangkan' keriput, tapi bukan berarti tak ada ramuan tradisional yang mampu melakukan hal yang sama. Selain bahannya mudah didapat, pembuatannya pun sederhana saja. Tertarik mencoba? Berikut beberapa bahan yang bisa Anda gunakan:

MADU

Madu adalah hasil industri rumah tangga yang banyak tersedia dan ternyata mampu menghilangkan keriput. Yang harus Anda lakukan hanyalah membalurkan sedikit madu ke wajah, dan biarkan selama 25-30 menit. Setelah itu basuh wajah dengan menggunakan air hangat, lalu segarkan dengan es batu yang di usapkan ke seluruh kulit wajah. Pastikan es tersebut membasuh tempat-tempat yang dibaluri madu.

Yang perlu diingat sebelum melakukan penanganan ini, wajah sebaiknya dibasuh terlebih dulu dengan air hangat-hangat kuku. Sehingga manfaat madu menjadi lebih efektif, karena pori-pori kulit wajah dalam keadaan terbuka.

PISANG


Buah ini termasuk yang paling efektif dan alami untuk dijadikan krim antikeriput. Cara mudah, lumatkan satu atau dua buah pisang hingga hancur dan lembut menyerupai krim. Balurkan krim pisang tersebut ke seluruh permukaan wajah. Biarkan hingga sekitar 30 menit, lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat. Tepuk-tepuk kulit wajah Anda dengan lembut, jangan sekali-kali mengusapnya hingga kering.

MINYAK KELAPA


Minyak kelapa murni juga mampu mengangkat kulit kering yang menimbulkan keriput. Cukup dengan membalurkan minyak kelapa hangat ke permukaan wajah. Lakukan proses ini sebanyak yang Anda butuhkan untuk mempertahankan kekencangan kulit wajah Anda.


NANAS


Buah kaya vitamin C ini juga sangat baik untuk melenyapkan keriput di kulit wajah. Anda tinggal mengupas kulit luarnya, lalu bagian daging buah yang terangkat beserta kulitnya dioleskan ke permukaan wajah yang bermasalah. Misalnya disekitar mulut, di bawah dan di sekitar mata serta lainnya. Biarkan cairan tipis nanas tersebut mengering di wajah Anda sekitar 20 menit, setelah itu basuh dengan air hangat atau air dingin.

Sumber ; HaloHalo.co.id
Continue reading...
 

Aneka - Tips Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
Girl Illustration Copyrighted to Dapino Colada