Jumat, 05 September 2008

10 Detik Menghilangkan Stres


Sebagai perempuan bekerja yang harus mengejar target atau deadline, stres mudah datang kapan saja. Saat Anda menghadapi evaluasi dari owner perusahaan tempat Anda bekerja, ataupun harus presentasi pertama kali di depan dewan direksi, begitu banyak hal yang dapat membuat Anda gugup dan penuh tekanan. Jika Anda tidak dapat mengatasinya, Anda bisa stres dan semua yang telah Anda rencanakan menjadi berantakan.

Lalu harus bagaimana? Sebenarnya tidak sulit untuk mengatasi stres. Ada cara cepat dan mudah untuk membuat Anda tetap tenang di dunia yang penuh 'kejutan' ini. Masing–masing cara ini hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik.


Posisi Yoga

Ketika stres, tubuh akan kaku dan nafas menjadi sulit. Karena itu, satukan kedua tangan seperti jika Anda ingin berdoa di belakang. Tarik kedua bahu dan kepala Anda ke belakang, lalu tarik nafas yang dalam.

Streching – streching

Buat Anda yang lebih banyak duduk, tegakkan tubuh Anda di kursi. Angkat kaki kanan dan letakkan pergelangan kaki kanan Anda pada lutut kiri Anda. Condongkan tubuh Anda ke depan dan tarik sejauh yang Anda bisa. Lakukan secara bergantian dengan kaki kiri Anda. Gerakan ini akan membuat otot pinggul lebih rileks.

Go Nuts!

Mengemil adalah salah satu cara untuk mengurangi stres. Tapi agar aktivitas ini tidak menambah stress baru untuk Anda karena berat badan jadi naik, ganti cemilan ‘gorengan’ menjadi kacang-kacangan saja. Kacang memiliki kandungan tryptophan dan magnesium yang tinggi. Dua kandungan ini sangat berguna untuk memproduksi serotonin, hormon yang dapat memberikan rasa tenang sehingga stres teratasi.

Mengelus telinga

Tidak hanya Ciko, golden retriever peliharaan Anda yang suka digaruk kupingnya. Aktivitas ini juga berlaku untuk manusia. Menurut Ayuverda, ajaran kehidupan dari India yang telah ada sejak 5.000 tahun lalu, di telinga terdapat titik-titik marma – semacan titik syaraf seperti di akupuntur- yang memiliki hubungan dengan bagian tubuh lain. Caranya: cukup garuk lingkaran pada daun telinga Anda, masing-masing dengan tangan kanan dan kiri saat Anda stres.

Aromaterapi

Aromaterapi memiliki efek yang menenangkan dan dapat membuat Anda rileks. Aromaterapi yang bisa Anda manfaatkan adalah lavender, lemon balm, chamomile dan geranium. Caranya: Ambil bola kapas, dan tetesi dengan aromaterapi. Taruh di tempat strategis yang ada aliran angin. Setiap kali angin berhembus. Aromaterapi akan tercium ke seluruh ruangan dan membuat Anda lebih rileks.

Vitamin C

Tak salah lagi. Selain meningkatkan sistem daya tahan tubuh, para peneliti di Universitas Alabama juga mengatakan vitamin C juga dapat mengurangi hormone stres dalam darah. Penelitian tersebut menyarankan dosis 1.000 mg vitamin C.

Tertawa terbahak – bahak

Menurut sebuah penelitian di Universitas California, tertawa terbahak-bahak meningkatkan produksi hormon anti stres yang dapat bertahan hingga 24 jam. Tidak perlu harus mencela orang lain untuk bisa tertawa terbahak-bahak, Anda bisa menstimulasi tawa Anda dengan membaca komik lucu, membaca joke of the day, atau berkaca dengan mimik aneh sampai Anda merasa geli sendiri.

Be in the moment

Fokus pada apa yang Anda hadapi hari ini, dan gunakan seluruh indera Anda untuk berhubungan dengan lingkungan Anda. Jay Winner, M.D., pengarang buku Take the Stress Out of Your Life memberi contoh saat Anda makan siang, hirup aroma dan rasakan masakan tersebut di mulut Anda selama 10 detik. ”Ambil 10 detik itu dan biarkan sensasi masakan tersebut masuk dalam pikiran Anda,” saran Dr. Jay. Contoh lain yang disarankan adalah berjalan tanpa alas kaki di tanah dan rasakan ketika telapak kaki Anda menyentuh bumi.

Sumber ; Conectique.com

9 comments:

zusin on 15 Oktober 2009 08.19 mengatakan...

wah boleh juga tuch..ntar kita coba

siappah iiaa ??? mengatakan...

ntaR di kiRain giLa lagi ktawa" nDiri... hehehe

Be_cH_cH mengatakan...

nTar jadi endut age ngemiL tyussss....^.^

darwisyahn07 on 2 Juli 2010 21.17 mengatakan...

Emang bener kadang kalo kita ngemil stress suka ilang... tapi tambah lagi stressnya karena berat badan naik. Nah lo jadi tambah stress ajah... Kalo yang ketawa terbahak-bahak boleh juga tuh untuk dicoba. Jangan di depan orang ajah, nanti disangka gila alias udah stress beneran.Hahahahaha Be in the moment yang paling ampuh kayaknya... Perlu dicoba neh... Makasih atas tips menghilangkan stresnya.

Anonim mengatakan...

Makasih yah

debisu on 8 Mei 2011 17.58 mengatakan...

thanks infox

umi on 8 Mei 2011 18.00 mengatakan...

ok bgt

niveamenworld on 22 Juli 2011 16.23 mengatakan...

Terima kasih untuk informasinya.

Dadi Heryana on 11 September 2012 04.06 mengatakan...

mantab gan infonya, makasih banget.

Poskan Komentar

 

Aneka - Tips Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
Girl Illustration Copyrighted to Dapino Colada