Rabu, 04 Februari 2009

Tips Enyahkan Bau Mulut Tak Sedap


Kata-kata yang keluar dari mulut anda selalu manis dan enak didengar. Lantas kenapa semua orang menjauhi anda ketika anda mulai berbicara? Bisa jadi penyebabnya adalah bau mulut atau istilah medisnya halitosis.

Singkat kata, bau mulut diakibatkan oleh adanya bakteri penyebab bau di dalam mulut. Bakteri tersebut hidup dari protein, baik dari sisa-sisa makanan maupun protein yang tertinggal di air liur.

Penyebab bau mulut

Produk Susu

Keju dan produk susu lainnya kaya akan protein, sehingga menjadi santapan lezat tak hanya bagi anda tapi juga bagi bakteri penyebab bau mulut.

Alkohol

Alkohol bisa mengurangi produksi air liur di dalam mulut, dan bakteri amat menyukai lingkungan yang kering.

Gula

Bukan cuma membuat gigi anda berlubang, gula juga merupakan sumber makanan bagi bakteri.

Bawang Putih

Bawang putih kaya akan kandungan sulfur, yang sudah cukup dikenal sebagai penyebab bau mulut. Bahkan tidak hanya mulut anda saja yang bau apabila mengkonsumsi bawang putih terlalu banyak, namun juga keringat anda.

Rokok

Merokok membuat mulut anda kering dan menjadi sarang yang nyaman bagi bakteri. Selain itu, kombinasi lebih dari 4000 zat kimia dalam rokok yang berkumpul di dalam mulut anda sudah pasti akan menciptakan aroma kurang sedap.

Melawan bau mulut

Setelah mengetahui penyebabnya, sekarang saatnya kita melakukan tindakan-tindakan untuk mencegah maupun mengatasi bau mulut. Hal yang paling utama adalah menjaga mulut anda tetap bersih dan harum dengan rajin-rajin menyikat gigi, menggunakan obat kumur atau permen pengharum nafas (yang sugar free).

Air

Saat meminum segelas atau dua gelas air, otomatis kotoran yang tersisa di mulut yang mungkin menyebabkan bau mulut akan digelontor habis. Minum air yang cukup juga memastikan produksi air liur anda tetap terjaga.

Klorofil

Baik dikonsumsi dalam bentuk kapsul maupun cair, klorofil atau zat hijau daun -- terbukti dapat menyebabkan nafas segar dan mulut lebih bersih. Kalau tak ada stok klorofil di rumah, kunyah saja beberapa helai daun kemangi atau seledri.

Rempah-rempah

Beberapa jenis rempah mampu membuat nafas anda harum. cengkih, anis, jintan, peppermint, dan ketumbar sudah digunakan sejak jaman dulu sebagai pengharum nafas. Banyak cara mengkonsumsinya, namun yang paling efektif adalah dengan mengunyahnya.


Sumber ; SendokGarpu.com

4 comments:

husna on 8 Maret 2009 14.07 mengatakan...

nice artikel

Lowongan

Petrochemical Jobs on 8 Maret 2009 14.09 mengatakan...

good artikel

Anonim mengatakan...

Visit for Free games:
http://freegame.rarefreakyland.com

Bang_abieb on 26 Desember 2009 01.42 mengatakan...

thanks ya infonya sekarang aku lebih Pd bicara dengan orang..........

Poskan Komentar

 

Aneka - Tips Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
Girl Illustration Copyrighted to Dapino Colada