Jumat, 07 Maret 2008

Tips Merawat Bibir


Miliki Bibir Sehat
Selain mata, bibir merupakan elemen terpenting wajah yang dapat menambah kecantikan pemiliknya. Bibir sehat akan tampak lembut dan 'basah'. Bibir kering dan pecah-pecah menunjukkan bibir tidak sehat. Penyebabnya bisa bermacam-macam, pemakaian lipstik atau pelembab bibir (lip balm) yang tidak tepat, atau akibat kebiasaan membasahi bibir dengan air liur.

Bibir, sebagaimana kulit, juga membutuhkan pelindung dari sinar matahari. Jika biasanya kita melindungi kulit wajah dengan memakai pelembab yang mengandung tabir surya, kita juga sebaiknya melindungi bibir menggunakan lip balm yang mengandung tabir surya.

Biasanya, banyak orang yang membasahi bibir dengan air liur untuk melembabkan bibir. Cara ini sama sekali tidak benar, karena justru akan membuat bibir kering. Pelembab alami bibir akan turut menguap bersama air liur, akibatnya, bibir semakin kering.

Sebaiknya, pakailah lip balm untuk memberikan kelembaban ekstra bagi bibir Anda. Usahakan memilih lip balm tanpa tambahan rasa, karena akan merangsang Anda untuk menjilatinya. Jika Anda ingin perawatan alami, pilihlah madu sebagai pelembab. Untuk mengurangi kemungkinan Anda tertarik menjilatinya, oleskan madu menjelang tidur.

Hati-hati memilih lipstik. Pilihan lipstik yang tidak tepat bisa menyebabkan iritasi, serta membuat bibir kering dan pecah-pecah. Untuk mengeceknya, cobalah mengoleskan lipstik baru Anda di bagian dalam lengan, biarkan selama 48 jam. Jika terasa gatal, jangan pernah berani mengoleskannya pada bibir Anda.

Perbanyak minum air. Jika Anda menderita dehidrasi, bibir adalah bagian tubuh yang pertama kali menunjukkannya.

Selain itu, perbanyak konsumsi vitamin C. Vitamin C ini bisa Anda dapatkan dari makanan, sayur, buah, atau suplemen tambahan.

Hindari merokok dan minum alkohol. Merokok akan membuat bibir berwarna kehitaman, sementara alkohol akan membuat tubuh dehidrasi.

Jika bibir Anda ingin melembabkan bibir yang terlanjur kering, cobalah mengompresnya dengan air dingin yang mengandung garam. Setelah itu, oleskan lipbalm yang mengandung lanolin untuk mengurangi kekeringannya.

Ingin menghilangkan lapisan kulit kering? oleskan tipis-tipis pasta gigi secara merata di seluruh bibir Anda. Diamkan beberapa saat, dan gosokkan sikat gigi paling halus secara perlahan dan memutar ke bibir Anda.

Sumber : Suara Merdeka CyberNews.

1 comments:

PAuwah on 23 September 2009 13.51 mengatakan...

hmm.. cukup bermanfaat..

Poskan Komentar

 

Aneka - Tips Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
Girl Illustration Copyrighted to Dapino Colada